Thursday, May 2, 2013

SANG OTORITAS


SANG OTORITAS
“ Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, AllahMu, kepadamu.” Keluaran 20 : 12

“Bagaimana sih caranya kalo mau ketik sms??” tanya papa. “Ah.. papa nih berapa kali sih harus diajari?? Gino kan udah bilang kali kalo sms, caranya begini… tuh.. tuh... tuh…!” Kata Gino semakin kasar. Mamaya yang daritadi memperhatikan pembicaraan Gino dan Papa dari dapur hanya bisa geleng-geleng saja. Tiba-tiba Gino masuk dapur dan hendak mengambil segelas air minum. Tapi raut wajahnya tetap saja menggerutu dan mulutnya terus mengomel. “Hufft, dasar tua. Udah tua masih aja pengen bergaya?? Tua ya tua aja, gak perlu sok ngikutin jaman!” gitu geritu Gino pelan. Tapi rupanya mama mendengar semua yang diucapkan Gino.
Pelan-pelan mama mendekati Gino dan berbicara dari hati ke hati.
M : “Taukah kamu itu apa?” Tanya mama sambil menunjuk sebuah alat yang terletak di pojok ruang tengah.
G : “Alat pancing dan semua perlengkapannya” kata Gino bête.
M : “Siapakah yang paling hobi memancing?” Tanya mama lagi
G : “Gino dan Papa”
M : “Ya, betul papa hobi sekali memancing. Dari kecil kamu pun suka diajak papa pergi mamancing. Tiap kali pergi memancing, kamu swlalu diajak. Dan tiap kali itu pula kamu selalu bertanya, apa nama alat itu, dan bagaimana cara kerjanya. Pertanyaan yang sama dan berulang-ulang. Dengan sabar papa selalu memberi jawaban dan menjelaskan padamu. Meskipun sebenarnya jawabannya tetap sama, tapi papa gak bosan-bosannya menjelaskan padamu”.
Mendengar ucapan mama yang hanya singkat itu saja, Gino langsung terdiam dan langsung menyadari kesalahannya.
Mengapa seringkali kita bersikap gak sopan dan gak hormat kepada orang tua?? Gak ingatkah kita, kalo kita ada sekarang ini, hidup dan mengerti banyak hal, itu semua karena mereka. Tanpa mereka kita gak mungkin bisa menjadi seperti sekarang ini. perhatikan hal ini, orang tua adalah otoritas yang telah dipercayakan Tuhan untuk mewakili Tuhan di dunia ini. jadi bagaimana cara kita menghormati Tuhan, juga tercermin dari bagaimana kita menghormati orang tua kita. (RVL)

Hormati orangtua, maka lanjut umurmu

Sumber : Buku Renungan Future Generation

No comments:

Post a Comment