Pada halaman blog ini saya akan membahas tentang Struktur
Grammar dari TOEFL.
Sebenarnya banyak sekali struktur dari Grammar yang perlu kita pelajari, namun
saya akan membahas hanya 5 struktur.
Mari perhatikan struktur – struktur berikut ini :
1. Passive
Voice
Kalimat pasif jelas berbeda dengan kalimat aktif. Kegunaannya
pun berbeda dalam bahasa Inggris. Dalam kalimat aktif, subjek lah yang
melakukan pekerjaan, sedangkan dalam kalimat pasif, objek lah yang melakukan
pekerjaan.
Perubahan kalimat dari aktif menjadi kalimat pasif
dapat dilihat sebagai berikut :
Aktif : Hendry
often helps my mother.
Pasif : My
mother is often helped by Hendry.
Aktif : I
sent this letter three days ago.
Pasif : This
letter was sent by me three days ago.
Kalimat pasif digunakan jika kita ingin memfokuskan
kejadiannya, bukan siapa ataupun apa yang melakukannya.
Contoh
:
The city was destroyed during the World
War II.
(Kota
itu hancur selama Perang Dunia II.)
Kalimat pasif juga digunakan jika kita ingin menghindari
suatu objek yang semu seperti somebody/someone.
Contoh :
The letter has to be sent today.
(Suratnya
harus dikirim hari ini.)
Dalam passive
voice kita juga dapat menggunakan “by”
jika kita ingin mengatakan siapa atau apa yang melakukan suatu kejadian.
Contoh :
The fence was broken last week. à tidak diketahui siapa/apa pelakunya.
The fence was broken by the storm last week.
à
menjadi diketahui.
2. Adjective
Adjective merupakan kata sifat yang digunakan untuk menerangkan
kata benda. Adjective dapat digunakan
di depan benda countable ataupun uncountable.
Contoh :
expensive bag à
tas mahal
new Friend à teman baru
Berikut adalah jenis-jenis adjective :
-
Qualitative adj : menerangkan bentuk/kejadian suatu benda.
(big, small, tall, etc.)
-
Distributive adj : bersifat distributive
(every, either, each, etc.)
-
Possessive adj : menunjukan kepunyaan.
(his, her, my, etc.)
-
Demonstrative adj : untuk menunjuk suatu benda.
(that, this, those, etc.)
-
Interrogative
adj : untuk menanyakan suatu benda.
(which, what, whose)
-
Quantitative adj : menerangkan jumlah benda.
(many, some, much, etc.)
-
Colour adj : menerangkan warna benda.
(red, green, yellow, etc.)
Ada juga jenis adjective
yang berikutnya, yaitu compound adjective.
Compound Adjective yaitu kata bilangan yang dapat digabungkan dengan
kata benda dalam bentuk singular.
Contoh :
a.
Age
(usia)
A fifty years old woman. à salah
A fifty year old woman. à benar
b.
Volume (isi)
He has just bought a ten litres car. à salah
He has just bought a ten litre car. à benar
c.
Length (panjang)
Fifteen metre house. (not metres)
d.
Price (harga)
Sixty dollar camera. (not dollars)
e.
Weight (bobot)
Ten kilo package. (not kilos)
f.
Are (bidang)
Twenty acre farm. (not acres)
g.
Time (waktu)
Two hour meeting. (not hours)
3.
Comparison Degree
Adalah tingkat-tingkat
perbandingan yang terdiri dari jenis-jenis berikut :
1.
Positive degree
Menunjukan
kesamaan mutu, banyaknya, tingkatan, derajat, antara suatu benda dengan benda
lainnya.
Contoh
:
The girl is as old as my mother.
I am as tall
as my sister.
2.
Comparative degree
Digunakan
jika kita ingin menunjukan secara jelas bahwa terdapat ketidaksamaan
perbandingan antara benda yang satu dengan benda lainnya.
Contoh
:
I’m shorter than my brother.
My bag is more expensive than her.
Aturan
dalam comparative degree ini adalah jika kata sifat kurang atau sama 2
suku kata, maka untuk perbandingannya kita menambahkan “er” pada kata sifat
tersebut. Tetapi jika kata sifat yang kita gunakan untuk membandingkan adalah
lebih dari 2 suku kata, maka kita tambahkan “more” di depan kata sifat
tersebut.
3.
Superlative degree
Digunakan
untuk membandingkan seseorang atau beda yang melebihi orang-orang atau benda-benda
lainnya. (paling)
Contoh
:
Dave is the tallest in the class.
Ellie is the most diligent student.
Aturan
dalam superlative degree ini mirip seperti
comparative degree. Jika kata yang
kita gunakan untuk membandingkan kurang atau sama dengan 2 suku kata, maka kita
tambahkan “est” pada kata tersebut. Sedangkan jika lebih dari 2 suku kata maka
kita tambahkan “most” di depan kata tersebut.
4. Adjective Clause
Merupakan
anak kalimat yang berfungsi sebagai modifier
atau menggantikan kedudukan dari adjective
dalam kalimat majemuk.
Contoh
:
1.
The boy who studies
in Gunadarma University is Doni.
2.
The man whom you met
yesterday is my father.
3.
The girl whose dress
is white is my sister.
Who, whom, whose, kemudian ada juga which, dan that merupakan relative clauses
yang fungsinya adalah melengkapi adjective
clause.
Masing-masing
relative clauses digunakan sebagai berikut :
Who : digunakan berhubungan dengan subjek (orang)
Whom : digunakan berhubungan dengan objek (orang)
Which : digunakan berhubungan dengan subjek atau objek (benda)
That : digunakan berhubungan dengan subjek atau objek (benda/orang)
Whose : digunakan berhubungan dengan kata ganti milik.
5. The Zero
Article
Merupakan
kata sandang yang kadang-kadang tidak digunakan dalam bahasa Inggris.
Kata
sandang tidak digunakan di depan kata benda plural
jika yang dimaksud adalah sesuatu yang bersifat umum.
Contoh
:
a. People : Doctors are paid
better than teacher.
b. Animals : Cats don’t like cold
weather.
c. Food : Carrots are good
for eyes.
d. Places : Museums are closed
on Monday.
Kata
sandang tidak digunakan di depan kata benda yang tidak dapat dihitung.
Contoh
:
a. Food : Butter is made from
milk.
b. Colours : White is my favorite
colour.
c. Languages : English is spoken all
over the world.
“THE” tidak digunakan di depan nama
benua, negara, kota, degara bagian dan provinsi.
Contoh
:
a. Sweden is in Europe.
b. Jakarta is the capital of Indonesia.
“THE” juga tidak digunakan di depan mata
pelajaran.
a. My brother is taking economics.
b. Mathematics is a difficult subject for me.
“THE” tidak digunakan di depan nama
bahasa.
a. I study English on Monday.
“THE” tidak digunakan di depan nama
permainan.
a. Jack plays basketball.
b. Poker is a card game.
“THE” tidak digunakan di depan nama
makanan.
a. Your breakfast is already serve.
b. Let’s have lunch together.
SEMOGA BERMANFAAT :) :)
SEMOGA BERMANFAAT :) :)
Sumber : http://books.google.co.id
No comments:
Post a Comment